Cara Anda menghirup nafas, nampaknya bisa membantu Anda mengubah hidup menjadi lebih DASHYAT ! Belum banyak orang yang menyadari dan melakukannya. Begitu pula dengan anda bukan ?

breath

Ketika Anda mengubah pola nafas Anda maka, perilaku dan emosi Andapun akan berubah

Ada pepatah mengatakan :

When you breathe, you inspire. When you do not breathe, you expire.

Coba Anda perhatikan tingkat pernapasan Anda ketika sedih, dan perhatikan masuk keluarnya nafas Anda. Amati saja. Jika anda sudah mengamati polanya, maka cobalah hal ini, ketika Anda sedang bersukacita, ulangi kembali nafas sedih anda. Rasakan perubahan mood anda. Hal ini untungnya, juga bisa anda balik, heheheheh.

Coba lakukan latihan ini :

PERTAMA : Ketika anda dalam kondisi mood yang positif, ijinkan diri Anda untuk menyadari bagaimana pola nafas Anda, bagaimana aliran udara yang masuk dan keluar. Berikan waktu  untuk hal ini, rasakan sensasinya, rasakan iramanya.

KEDUA : Ketika anda dalam kondisi yang netral, ulangi pola pernafasan seperti pada waktu anda berada di kondisi positif ( lihat bagian pertama ) . Sekitar satu menit kemudian, anda akan merasakan mood/kondisi yang positif 

Latihan lain yang bisa meningkatkan SEMANGAT ANDA adalah sebagai berikut

Ambil nafas panjang secara perlahan… perlahan saja melalui hidung Anda ( mungkin anda bisa menghitunganya dari 1 – 5 ), tahan beberapa detik, kemudian HEMBUSKAN dengan KERAS ! Pfuuuuuuuuuuuuhhhh !!

Sebaliknya jika anda ingin merasa RILEKS maka ini yang bisa anda lakukan

Ambil nafas panjang secara CEPAT, tahan beberapa saat di perut Anda, kemudian hembuskan perlahaaan saja…. ya pelaaan…. hembuskan …. GOOD ! Ulangi lagi beberapa kali, maka Anda akan merasakan diri anda lebih santai

Bagaimana jika anda ingin mengontrol diri anda dari keadaan yang begitu kuat seperti keinginan untuk merokok, makan dimalam hari,  sedang tidak percaya diri, atau hal-hal lainnya ? Berikut tipsnya

Berbaring telentang , bernapas cepat. Tarik dan hembuskan melalui mulut dengan ritme cepat sebanyak  20 kali. Kemudian, bernapas perlahan, dengan lembut . Kemudian ulangi lagi, kali ini dengan menggunakan hidung Anda. Lakukan nafas cepat sebanyak 20 kali. Amati yang kemudian terjadi pada diri Anda. Teknik ini disebut dengan teknik NAFAS NAGA.

Ingat kawan, TETAPLAH BERNAFAS. Dengan bernafas anda bisa memperbaiki hidup kita. Selamat mencoba

PS : Hati-hati bagi penderita gangguan penafasan, konsultasikan dahulu pada dokter Anda

Advertisements